Pencetus YKGI Drg. Rizali Noor

Sumber: http://www.ykgi.or.id

Pada awalnya, Drg. Rizali Noor sebagai Kepala Direktorat Kesehatan Gigi DepKes meminta Sr. Drg. Be Kien Nio untuk membuktikan bahwa suatu klinik yang mengkhususkan diri pada usaha pencegahan dapat meningkatkan kesehatan gigi sekaligus bermanfaat bagi pengelolanya. Hal ini merupakan tantangan karena pada waktu itu upaya-upaya kesehatan gigi, terutama klinik atau praktek swasta, lebih banyak melakukan pengobatan (kuratif) daripada pencegahan (preventif).

Rencana tersebut mendapat dukungan dan tantangan positif dari pimpinan biara, gereja, dan rekan-rekan sejawat Sr. Kien. Mereka adalah Sr. Dionysia Michels selaku provinsial Ursulin, Mgr. Arntz OSC Alm selaku Uskup Bandung, Prof. Drg. R.G. Soemantri, dan Sr. Rosemary Huber MM. Mereka sepakat untuk mendirikan sebuah yayasan yang mempunyai misi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui upaya pencegahan dan pendidikan dalam Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) & Pendidikan Kesehatan Gigi (PKG).

Yayasan Kesehatan Gigi Indonesia mengawali karirnya pada tahun 1972 dengan UKGS di sebuah Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanak saja. Dalam beberapa tahun berkembang pesat menjadi beberapa sekolah.

Pada tanggal 22 Maret 1973 diresmikan sebuah Poliklinik gigi YKGI yang berlokasi di jalan Anggrek 60 Bandung. Klinik ini terletak di lantai dasar asrama putri Providentia, yang merupakan bagian dari komplek Susteran Ursulin. Suster Dionysia selaku Providensial waktu itu sangat mendukung usaha ini karena unsur pendidikan yang tertanam dalam kiprahnya.

Pada tahun 1997, YKGI telah melayani 9 sekolah Taman Kanak-kanak, 5 Sekolah Dasar dan disamping itu 6 Taman Kanak-kanak insidental baik negeri maupun swasta dengan jumlah total 4103 anak. Jumlah ini terasa kecil dibanding dengan jumlah penduduk Indonesia yang begitu besar, tetapi tujuan yayasan bukanlah suatu mega proyek, melainkan suatu usaha menggunakan pendidikan dan pencegahan secara sistematis dan konsekuen untuk mencegah penyakit gigi dan mulut secara mandiri.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: